Catatan Popular

Rabu, 17 Oktober 2012

TOKOH SUFI MUHAMMAD BIN WAASI’ (4) : KATA-KATA MUTIARANYA


Muhammad bin Waasi' ditanya, "Wahai Abu Bakar, apa yang kamu kerjakan di Waktu pagi? Maka beliau  menjawab, "Apa yang dapat kamu perkirakan dari seseorang yang setiap hari mengadakan perjalanan ke akhirat.”

"Seandainya dosa itu mempunyai angin, niscaya hidungku tidak akan mampu menahan bau busuk anginku."

"Jika  akan
I, niscaya Allah Iseorang hamba menghadapkan hatinya kepada Allah  menghadapkan hati-hati orang yang beriman kepadanya."
Dikatakan kepada Muhammad bin Waasi', berilah aku nasihat, maka beliau berkata,

"Aku akan berwasi'at kepadamu, "Hendaknya kamu menjadi raja di dunia dan akhirat, lalu si penanya bertanya kepadanya, "Bagaimana aku bisa melakukannya? Maka beliau menjawab, "Jadilah kamu sebagai orang yang juhud di dunia ini.!

"Ada empat perkara yang dapat mematikan hati, yaitu melakukan dosa secar terus menerus, banyak berkumpul dan bercakap-cakap dengan wanita, banyak bergaul dengan orang-orang bodoh dimana kamu berkata kepadanya dan dia berkata kepadamu, banyak menghadiri perkumpulan orang mati," lalu beliau ditanya, "Apa yang dimaksud dengan perkumpulan orang mati? Maka beliau menjawab, "Perkumpulan orang-orang kaya yang senang memamerkan kekayaannya dan para penguasa yang berlaku sewenang-wenang."

Muhammad bin Wasi' makan roti dengan garam atau cuka dan berkata: "Barangsiapa puas pada dunia dengan seperti ini maka ia tidak menghinakan diri pada manusia."
Demikianlah kisah ini saya kedepankan semoga ada manfaatnya, shalawat dan salam , keluarga dan
rsemoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad  shahabatnya semua

Tiada ulasan: