Catatan Popular

Jumaat, 26 Jun 2015

KISAH 2 : BISYR AL HAFI MENJADI BINGUNG...



"Nanti malam Bisyr akan datang kemari". fikiran ini membersit dalam hati saudara perempuan Bisyr. Maka segeralah ia menyapu dan mengepel lantai rumahnya, kemudian dengan penuh harap menanti kedatangan saudaranya itu. Tiba-tiba Bisyr muncul seperti seorang yang sedang kebingungan.
"Aku akan naik ke atas loteng", Bisyr berkata kepada saudara perempuannya dan bergegas menuju tangga. Tetapi baru beberapa anak tangga yang dilaluinya, dia berhenti lalu sepanjang malam itu ia tetap berdiri terpaku di tempat itu. Setelah Shubuh barulah ia turun dan pergi ke masjid untuk shalat.
"Mengapa sepanjang malam tadi engkau berdiri terus di atas tangga?", saudara perempuannya bertanya kepada Bisyr ketika ia kembali dari masjid.
"Sebuah fikiran terbetik di dalam benakku, jawab Bisyr, "bahwa di kota Baghdad sangat banyak orang yang bernama Bisyr. Ada yang Yahudi, Kristen dan ada yang Majusi. Aku sendiri bernama Bisyr dan sebagai seorang Muslim aku telah mencapai kebahagiaan yang sangat besar. Aku bertanya-tanya kepada diriku sendiri, apakah yang telah kulakukan sehingga aku memperoleh kebahagiaan itu dan apakah yang telah mereka lakukan sehingga mereka tidak memperolehnya? Karena bingung dibuat fikiran itulah aku berdiri terpaku seperti itu".

Tiada ulasan: