BA ALAWI
Tarekat Ba Alawi atau
Alawiyyah merupakan salah satu tarekat mu’tabarah dari 41 tarekat
yang ada di dunia. Tarekat ini berasal dari Hadhramaut, Yaman Selatan dan
tersebar hingga ke berbagai negara, seperti Afrika, India, dan Asia Tenggara
(termasuk Indonesia).
Tarekat ini didirikan oleh Imam
Ahmad bin Isa al-Muhajir – lengkapnya
Imam Alawi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir — , seorang tokoh sufi
terkemuka asal Hadhramat pada abad ke-17 M. Namun dalam perkembangannya
kemudian, Tarekat Alawiyyah dikenal juga dengan Tarekat Haddadiyah, yang dinisbatkan kepada Sayyid Abdullah al-Haddad, selaku generasi penerusnya. Sementara nama “Alawiyyah” berasal dari Imam Alawi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir.
Tarekat Alawiyyah, secara umum, adalah tarekat yang dikaitkan dengan kaum Alawiyyin atau lebih dikenal sebagai saadah atau kaum sayyid – keturunan Nabi Muhammad SAW – yang merupakan lapisan paling atas dalam strata masyarakat Hadhrami. Karena itu, pada masa-masa awal tarekat ini didirikan, pengikut Tarekat Alawiyyah kebanyakan dari kaum sayyid (kaum Hadhrami), atau kaum Ba Alawi, dan setelah itu diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat muslim lain dari non-Hadhrami.
BADAWIYAH
Tarekat sufi Badawiyyah atau Ahmadiyyah, ditubuhkan pada abad ketiga belas di Mesir oleh Hazrat Ahmad al-Badawi (anhu radiaAllah). Hazrat Ahmad al-Badawi (anhu radiaAllah) adalah salah satu daripada 4 kutub yang memegang dunia ini yang nizham semua Auliya Allah.
Beliau dilahirkan di Fez, Maghribi pada 596 H dan meninggal di Tanta, Mesir pada 675 AH. Ia terkenal kerana perilaku pertapa, dan juga dikenali mempunyai banyak mukjizat.
Silsila ini, sangat popular semasa pemerintahan Ottoman Mamluk Mesir. Sultan Mamluk sering disokong 'Mawlids' tempat istirahat Sheikh Ahmed al-Badawi (radiaAllah anhu) dilembah dataran bandar sungai Nil dari Tanta.
Selama tempoh Uthmaniyyah, ia menyebar ke Turki dan Tekkes ada beberapa zawiyas di Istanbul banyak yang bertahan sampai tertubuhnya Kerajaaan Republik Turki.
Cabang- cabang Tarekat dan Silsilahnya
Asy-Syaikh Ahmad al-Badawy adalah seorang wali Allah yang sangat terkenal
di negara Mesir. Dia juga adalah pengasas ath-Thariqah al-Ahmadiyyah, yang
dikenali juga sebagai ath-Thariqah al-Badawiyyah.Tarekat sufi Badawiyyah atau Ahmadiyyah, ditubuhkan pada abad ketiga belas di Mesir oleh Hazrat Ahmad al-Badawi (anhu radiaAllah). Hazrat Ahmad al-Badawi (anhu radiaAllah) adalah salah satu daripada 4 kutub yang memegang dunia ini yang nizham semua Auliya Allah.
Beliau dilahirkan di Fez, Maghribi pada 596 H dan meninggal di Tanta, Mesir pada 675 AH. Ia terkenal kerana perilaku pertapa, dan juga dikenali mempunyai banyak mukjizat.
Silsila ini, sangat popular semasa pemerintahan Ottoman Mamluk Mesir. Sultan Mamluk sering disokong 'Mawlids' tempat istirahat Sheikh Ahmed al-Badawi (radiaAllah anhu) dilembah dataran bandar sungai Nil dari Tanta.
Selama tempoh Uthmaniyyah, ia menyebar ke Turki dan Tekkes ada beberapa zawiyas di Istanbul banyak yang bertahan sampai tertubuhnya Kerajaaan Republik Turki.
Cabang- cabang Tarekat dan Silsilahnya
Dan ath-Thariqah al-Ahmadiyyah pula, telah berpecah kepada beberapa cabang dan ranting lain, seperti
ath-Thariqah al-Anbabiyyah
ath-Thariqah al-Bandariyyah,
ath-Thariqah al-Baiyimiyyah,
ath-Thariqah al-Halabiyyah,
ath-Thariqah al-Hammidiyyah,
ath-Thariqah al-Kannasiyyah,
ath-Thariqah as-Salamiyyah,
ath-Thariqah asy-Syinnawiyyah,
ath-Thariqah as-Suthhiyyah,
ath-Thariqah
az-Zahidiyyah
BADI BILA BADI
Berbagai kedaaan rohani, cahaya-cahaya ilahiyyah an
kejernihan zikir yang terlintas dalam hati orang-orang ahli maktifat
BADI
Sesuatu
yang muncul dalam hati pada saat ia berada dalam keadaan kerihaian
tertentu.
BAI’AH
Janji taat
setia
Salah satu tata cara yang harus dilewati untuk
memperoleh ilmu Syaththariah yang diisikan kedalam rasa hati;
Memperoleh keberkahan ilmu tentang Zat Allah dari Guru
yang hak dan sah; untuk memenuhi firman Allah dalam QS: 48. Al-Fath; 10.
Beriman
yang Ma’rifatun : 1. (Syath) Orang yang hati nuraninya telah mengenal dan
mengetahui Ada dan Wujud Diri-Nya Dzat Yang Al-Gahib (lih. Al-Ghaib).
Pembukaan
yang membuka terhadap Ada dan Wujud Diri-Nya Dzat Al GhaibNya yang dekat sekali
dalam hati yang mencahaya. Hingga apabila Bismillahirrahmanirrahim diucapkan
dengan kata, Rasa hati langsung menghayati Diri-Nya Dzat Yang Al Ghaib
Wu-judNya. Lalu mencahaya dengan Diri-Nya.
Dan
kenalnya hati yang padanya ada pancaran cahaya-Nya yang menyejukkan ini. Pada
kebenaran Al-Hadi yang dipercaya Ilahi sebagai wakilnya menjadi rasa jiwa yang
selalu hidup dengan DiriNya. Menadikan jiwa dengan Arrahman dan Arrahim-Nya.
Dapat menikmati rasa ngumawula kepadanya. Karena itu betapakah yang ada dalam
dada. Apakah tidak pernah diperhatikan. Lalu apakah tidak kamu tolong sendiri
untuk menyela-matkan.
BADAL
Pembantu ulama atau orang yang
dianggap suci (tuah) dalam menjalankan fungsi dan peranan dari sang
pemimpin,baik dalam lingkungannya maupun di luar.
BAI’AT
Perjanjian atau sumpah dalam
tata aturan kaum rohani yang berarti ungkapan kesetiaan untuk mengikuti ajaran
suatu aliran tarekat atau aliran aliran tertentu dan tidak melepas diri dari
golongannya seumur hidup.Bai'at lazim digunakan untuk memperlihat tuah atau
kemampuan pimpinan golongan tersebut yang akan berakibat fatal dikemudian hari
apabila dilanggar
BALA SIRULLAHSahabat setia lahir batin yang dengan sabar dan tawakkal berusaha untuk dapat mencapai tingkat dan martabat rasa (lih.martabat rasa).
BALHUT
Keadaan Zat Allah s.w.t yang tidak dapat dihuraikan.
BALA
Munculnya ujian Haq kepada hambanya dalam hakikat
BANDA
yang terhad, di mana sifat
telah ternyata dalam perbatasan; makhluk.
BAIRAMIYAH
Aliran Tarekat di asaskan oleh Hajji Bairam Velli
BAAHAIYAH
Aliran Tarekat di asaskan oleh Abdul Ghani Adrianopel
,Turki
BAHRAMIYAH
Aliran Tarekat di asaskan oleh Hajji Bahrami Ankara,
Turki
BAKRIYAH
Aliran Tarekat di asaskan oleh Syed Abu bakar Wafai
BAKHRIYAH
Aliran Tarekat
di asaskan oleh Abu Bakar Wafa’i Aleppo, Syria
BAQA
Suasana kerohanian selepas
peringkat fana. Dalam kebaqaan hati merasakan kekal, iaitu tidak berpisah dengan
Allah s.w.t.
Berkekalan lihatan seseorang hamba, bahawa semua itu kerana dikuasai dan
dilakukan oleh Allah, milik Allah sebelum Ia lakukan untuk Allah dan dengan
Allah.
Peringkat
kekal. Setelah fana (binasa diri), dega kenang kenangan memanadang
ke tingkatan-tingkat
lebih tinggi iaitu amthal, arwah,
wahdiyyat dan lain-lain
BAQABILLAH
Baqa atau kekal bersama-sama Allah s.w.t
BAQI
Orang-orang
yang dalam baqa
BARILWIS
Sebuah sekte muslim di India yang memusatkan pada
pengalaman kehadiran Nabi Muhammad saw dalam beribadah, dan mereka percaya
bahawa d alam ketidaksedaran mereka
bertemu dengan Nabi Muhammad SAW
BARAKAH
Suatu
keagungan ; khususnya dikaitkan dengn kurnia Kerohanian
yang
dianugerahkan oleh Allah SWT
BARQ
Cahaya
BARZAKH
Batas
yang memisah antara dua benda atau
keadaan sama ada bersekutu atau tidak
BARZAKH JAMI’
Peringkat
hakikat Muhammad
BASIRAH
Pandangan mata hati/hati
nurani/pandangan batin
Mata hati atau keupayaan mengenal yang ada pada
rohani.
BASYAR
Al Basyar adalah manusia
yang terdiri daripada gumpalan daging.
BASYARIYAH
Sifat-sifat manusiawi
BASTH
Kelegaan atau Keredaaan rohani seorang arif yang dilepas
oleh Haq tapi sentiasa dahaga dan dipelihara sehingga manusia boleh berbudi
pekerti
kerananya
BARZANJI
Sebuah kitab bahasa Arab dalam
bentuk puisi yang berisi riwayat hidup nabi Muhammad saw dan puji pujian
terhadap beliau.
BASTHU
Kegembiraan yang meluap
BAUN
Pemisahan diri
BATHIN
Tersembunyi,bagian dalam yang bersifat exoteris dan lazimnya dipakai untuk
menyebutkan sisi internal dari sesuatu.Dan alBathin juga merupakan salah satu
dari 99 nama Allah yang disebut dalam Alqur'an
BATIL
Apa sahaja yang tidak wujud
BAWADIH
Bawadih
adalah sesuatu yang secara tiba-tiba mendatangi hatimu dari alam gaib melalui
jalan rasa yang amat menegangkan. Ada kalanya berupa dorongan rasa senang atau
sedih.
Sesuatu
yang menegangkan dalam hati
BAZ
GASTH
Kembali
kepada Allah dengan lafaz “Ilahi Anta Maqsudi, Wa Ridhoka Matlubi,
A’tini
Mahabbataka Wa Ma’rifataka”.
Memperoleh limpahan safa’at/-pertolongan dari Guru yang hak dan sah.
BEKTASHI
Hajji
Bektash Wali merupakan Syekh pendiri Tarekat Bektashiyyah (Bektashi) yang berasal dari Khurasan (Iran)
dan hidup di Anatolia (Turki), hidup sekitar tahun 1209-1271 M. Nama lain
beliau adalah Syekh Hunkar. Bektashiyyah sendiri berkembang atau berpengaruh
sangat kuat dalam kelompok Alevi – yang karena itu selalu disandingkan
Alevi-Bektashi – suatu kelompok/suku-suku (yang semula) nomaden/hidup di
pedesaan/daerah terpencil di pegunungan Turki yang luas.
Pengaruh
Bektashiyyah juga mencapai kelompok militer Janiseri pada zaman Sultan Mahmud
II Turki Usmaniyah, juga kelompok-kelompok Qizilbash, Alians,
Ishikiyyah dan sebagainya yang acapkali disandingkan dengan kelompok Syiah
Ghulat yang sering disalahfahami sebagai kelompok yang menuhankan Imam Ali.
Seperti semua kelompok di Jalan Imam Ali dan Ahlulbayt, kelompok-kelompok
mistis dan spiritual ini menekankan devosi atau ketaatan dan bakti setia kepada
para imam sehingga bagi mereka yang bersebarangan akan memahaminya sebagai
bentuk mendewakan para Imam.
Sebagaimana
yang telah saya tulis panjang lebar dalam empat artikel (Wejangan Syekh
Hunkar), Bektashiyyah memang memiliki bentuk yang sangat beragam, dari yang
sangat fundamental sampai liberal, bahkan melahirkan bentuk-bentuk spiritual
baru yang terkait dengannya karena menetapkan Hajji Bektash Wali sebagai Guru
Utama atau Pir, walaupun secara institusional dan organisatoris satu sama lain tidak
selalu berhubungan/berkaitan. Penekanannya terdapat dalam ketaatan terhadap
Imam Ali dan kemudian 11 imam lainnya. Pada tarekat-tarekat tradisional
Bektashiyyah sendiri, kehidupan spiritual sangat menekankan syariat bermazhab
Ja’fari yang kuat, sementara dalam bentuk yang lebih liberal akan terlihat pada
kelompok Alevi yang memiliki corak tradisi khas Turki, terutama dalam semah dan
hubungan antara laki-laki dengan perempuan. Jadi Alevi dengan Bektashi harus
dapat dibedakan walaupun keduanya serupa. Di samping itu ternyata pada isu-isu
kontemporer, Alevi modern sudah jauh berbeda karena terdiri dari berbagai
bentuk/golongan
1. Bai’ah;
2. Salah satu tata cara yang harus dilewati untuk memperoleh ilmu Syaththariah yang diisikan kedalam rasa hati;
3. Memperoleh keberkahan ilmu tentang Zat Allah dari Guru yang hak dan sah; untuk memenuhi firman Allah dalam QS: 48. Al-Fath; 10
BIDAAH
Perbuatan
dan perkara-perkara yang tidak sesuai dengan Sunah Rasulullah s.a.w.
Amalan yang tidak menuruti Sunnah
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
1. Dengan menyebut Nama Allah Dzat Yang Maha Pemurah
lagi Maha Penyayang. Pada ayat pertama ini Bismi-nya gandeng menjadi satu.
Sebab dengan menyebut Nama-Nya berarti (seharusnya) rasa hati telah mengenali
Ada dan Wujud Diri-Nya Dzat Yang empuNya nama Allah yang meskipun Al Ghaib,
nyata sangat dekat sekali dalam rasa hati. Artinya sama dengan telah mengetahui
rahasia yang ada pada titiknya ba’.
Maha pemurah karena Dialah Dzat Yang melim-pahkan
segala kebutuhan hidup dari kehidupan hamba-hambaNya. Bahkan kepada hamba yang
ka-firpun Allah meliputinya. Sebab hamba yang kafir-pun kalaulah tidak dengan
ijinNya, bernafaspun tidak apalagi hingga berdaya dan bertenaga. Hanya saja
lalu diaku dan diperalat oleh hawa nafsu dan syahwatnya. Namun sama sekali
tidak disadarinya, karena itu betapa hebat ancaman azab yang diterima oleh
mereka.
Yang Maha Penyayang karena Dialah Dzat yang senantiasa
menyayangi hamba-hamba pilihanNya. Supaya selalu berada pada keimanan dan
ketaqwaan yang benar-benar sejalan dengan kehendakNya. Dan cara menyayanginya
justru diuji dengan ber-bagai cobaan yang bermacam-macam. Dan karena disayangi,
hamba yang demikian sadar sesadar-sesadarnya bahwa diwujudkannya berjiwa raga
dalam kehidupan dunia memang sebagai tempat ujian dari DiriNya. Karena itu
justru akan malah menyuburkan niat dan tekadnya dalam berlaku sabar dan
tawakkal membuktikan jihadun-nafsinya demi mendekat kepadaNya sehingga sampai
dengan selamat dan bahagia bertemu lagi dengan DiriNya.
BISTIMIYAH
Aliran Tarekat di asaskan oleh Abu Yazid Al-Bistami
Jabal bistam, Iran
BITAHSSINIL
AKHLAQ
1. Bagusnya budi pekerti,
2. Bagusnya akhlak yang terbentuk dari seseorang yang
ilmunya manfaat, yakni seseorang yang dengan ilmunya itu selalu mengetahui
terhadap aibnya diri. Selalu mengetahui terhadap aibnya mencintai kepada dunia,
serta mengetahui terhadap bencananya amal baik yaitu watak takabur, sum’ah,
ujub dan ria.
BUAH
DZIKIR
Beberapa buah, berkah atas membekasnya dzikir
antara lain : 1. Sepinya batin dari berbagai kecondongan apa saja selain-Nya
hingga sampai pada membuktikan selamatnya mati; 2. Tidak ada rasa kumandel
kepada apa saja dan siapa saja, selain hanya kepada Dzat Allah Swt; 3.Pada soal
makanan dan yang semacamnya makan- an, sepertinya menjadi banyak sekali serta
mencu-kupi walaupun sebenarnya (seandainya dihitung) sedikit; 4. Diamnya lisan
atas keadaan dunia dan semua yang menjadikan senang dan nikmatnya dunia; tidak
memuji dan tidak mencela; 5. Terbu-kanya hijab yang mendinding hati sehingga
akan dapat mengetahui berbagai macam indahnya ajaib-Nya dan juga terhadap
beberapa rahasianya alam rasa.
BU’DU
Jauh
BURDAH
Seni Kerohanian berisikan puji-pujian kepada Nabi
Muhammad saw
|
|
BURHAN
Bukti.
Nabi Muhmmad saw adalah pemilik bukti (Shahih al burhan)
Dalam
dunia tasawwuf juga dikenal bukti rasional (burhan aqli)
BURHANIYAH
Dikenali
dengan nama Tarekat Burhaniyyah atau Burhamiyyah. Sebuah tarekat dinisbatkan
kepada Sheikh Burhanuddin Ibrahim al
Dasuqi (wafat 687H/288M) , merupakan sebuah cabang utama Tarekat
Syadziliyyah dan juga cabang dari tarekat Rifa’I, dan sangat berpengaruh di Mesir.
BURUZ
Pengaruh satu ruh kepada
ruh yang lain, masing-masing di tempatnya masing
masing
Tiada ulasan:
Catat Ulasan