Catatan Popular

Khamis, 22 Oktober 2015

DARI KUBUR ABDULLAH BIN ABBAS TERDENGAR LANTUNAN AYAT SUCI AL QURAN (SIRI 7)



Pada tahun 68 Hijriyah, Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu, sang imam tafsir, fiqh dan hadits, guru para sahabat serta kaum muslimin setelah Nabi mereka, berpulang ke Rahmatullah dalam usia 71 tahun di kota Thaif.

Pada waktu wafatnya terdapat sebuah kisah yang menggetarkan hati setiap jiwa yang rindu kepada Rabb-nya serta patut kita renungi.

Marwan bin Syuja’ meriwayatkan dari Sa’id bin Jubair, beliau bercerita, “Tatkala dalam perjalanan mengiringi jenazah Ibnu Abbas, tiba-tiba datang seekor burung putih yang belum pernah dilihat sebelumnya, masuk ke dalam keranda jenazah beliau. Tatkala di cari burung tersebut telah hilang. Kemudian tatkala jenazah Ibnu Abbas diletakkan di liang kuburnya, tiba-tiba terdengar lantunan ayat suci

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً فَادْخُلِي فِي عِبَادِي وَادْخُلِي جَنَّتِي

”Hai jiwa yang tenang, Kembalilah kepada Rabb-mu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku…” (QS. Al Fajr: 27-30)

Dan yang lebih mengherankan tidak diketahui siapa pelantunnya.

Begitulah jiwa yang tenang, jiwa yang bersih, telah kembali kepada pemiliknya. Seorang Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu yang telah mengabdikan hidupnya untuk ilmu dan ibadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Mendidik ummat serta membimbing mereka untuk kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah, dua hal yang bila manusia berpegang teguh pada keduanya tak akan tersesat selamanya.

Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang selalu meniti jejak Nabi-Mu, para sahabat, serta orang-orang yang mengikuti mereka hingga akhir nanti.  

Tiada ulasan: