Catatan Popular

Khamis, 22 Oktober 2015

KESHALIHAN ABDULLAH BIN ABBAS (SIRI 8)



Beliau adalah sahabat Rasulullah. Selisih umur beliau dan Rasulullah 58 tahun, saat kematian Rasulullah beliau berumur 15 tahun.  
Beliau adalah seorang yang elok wajahnya, berkulit putih, ganteng, tinggi badannya, gagah, cerah roman mukanya bagai bulan. Berkata Atta’ dalam Siyar al ‘alam an-Nubala’, Waktu kami melihat bulan, malam ke-14 yang kami ingat tak lain adalah wajah Ibnu abbas, selain dari akalnya yang cerdik, kaya, dan juga termasuk laki-laki sempurna.
Sehingga beliau dikatakan hibrul ummah (pemimpin ummat), faqihul ashr (faqih di masanya ) dan imam tafsir. Ia dijuluki pula al-bahr (lautan) karena banyaknya ilmu. Di samping itu ia banyak didoakan oleh Rasulullah.
Beliau adalah sahabat Nabi yang kaya raya, sehingga tidak pernah kosong roti dan daging di dalam rumahnya. Walaupun demikian ia bersifat dermawan.
 
Keshalihannya
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mulaikah berkata, ”Takala aku menemani Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anu dalam perjalanan dari Mekkah menuju Madinah, setiap kali kami tiba di suatu tempat pada malam hari, beliau berdiri untuk shalat disaat orang-orang pulas dalam tidurnya, suatu saat beliau membaca ayat:

وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ذَلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ

“Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang yang kamu selalu lari daripadanya.” (QS.Qaaf :19)

Maka ia terus mengulang-ulangnya sembari menangis hingga terbit fajar.”

Diriwayatkan pula bahwa di kedua belah pipinya terdapat dua garis memanjang yang tidak lain adalah bekas lelehan air matanya yang terus menerus.

Subhanallah, begitunya Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, tatkala semakin bertambah ilmunya bertambah pula ketakutannya kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sudah sepatutnya bagi kita untuk menjadikannya panutan.

Tiada ulasan: