Catatan Popular

Ahad, 14 Januari 2018

TENTANG BERLINDUNG KEPADA ALLAH

Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby


Diceritakan : Sesungguhnya ada sekelompok pengikut Harun Ar-Rasyid memberi khabar berita kepadanya bahwa mereka menangkap sepuluh pembegal , maka lihatlah apa yang kau perintahkan kepadaku untuk meraka?”. Kemudian Harun memerintahakan mereka untuk menghadapkan para pembegal.


Kemudian dia mengambil mereka dari kumpulannya dan akan pergi ke khalifah kemudian ditengah jalan seseorang dari mereka melarikan diri  sehingga mereka merasakan kesusuhan yang besar dan mereka berkata  : “andaikan kita pergi ke khalifah dengan sembilan orang niscaya dia akan berkata sesungguhnya kalian telah mengambil harta dari seseorang dan membinasakannya ditengah jalan, kemudian dia akan mennyiksa kami ”.


Maka kalau begitu kita akan mengajak dan mengambil seseorang ditempat kejadian, merekapun semuanya sepakat akan hal tersebutkebetulan ada seseorang  yang lewat dari rombongan haji, maka kami mengambilnya dan menggabungkan dengan sembilan orang tadi.


Ketika mereka sampai pada kkholiufah, khalifah memerintahkan  mereka untuk memenjarakan para pembegal kemudian mereka melakukannya. Beberapa saat kemudian As-Sujan berkata pada mereka : “apakah kalian mempunyai seorang kerabat atau orang yang dikenal yang akan memberikan keringan dihadapan khalifah?”, meraka menjawab : “iya”.


Kemudian mereka meminta pertolongan ke halaman ruamah mereka. Kemudian mereka menyerahkan pada khalifah setiap satu orang 1000 dirham maka merekapun bebas dari tahanan mereka dan mereka pergi  dan tidak tersisa satupun kecuali seorang yang haji tadi . Kemudian As-Sujan barkata pada padanya : “apakah kamu telah diampuni?”


Dia menjawab : “tidak” tetapi apakah  ketika aku menulis surat akan sampai pada khalifah?”


As-sujan menjawab : “iya” kemudian Al Haj berkata : “berikan lah aku tinta dan kertas kemudian as-sujan  memberikannya . Kemudian al haj menulis dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang , dari hamba yang hina  untuk tuan yang agung : “sesungguhnya semua makhluk punya penolong dari mereka dalam tindak pidana dan perbuatan dosa .dan mereka telah mendapat pertolongan dari tuan kholifah dan kholifah telah membebaskan mereka, akan tetapai aku sendiri  yang tetap  dipenjara .engkau adalah tuan yang menjadi saksi dan memberi pertolongan bagiku,. Aku adalah hamba yang tidak berdosa.”


Kemudian as-sujan berkatakepada al haj : “sungguh aku tidak mampu menyampaikan surat ini pada khalifah, maka pikirkanlah dimankah aku harus meletakannya?” Kemudian al haj berkata padanya : “letakkanlah surat ini di bagian atas penjara”. Ketika As-Sujan meletakannya, surat itu terbang mengenai panah dari busur yang kuat.


Kemudian Harun Ar Rasyid bermimpi pada malam itu , para malaikat turun dari langit mengambil dan menerbangkannya keudara dan berkata padanya : “ya Harun sesungguhnya makhluk yang telah kau tolong adalah sembilan orang dan kamu bebaskan mereka dari penjara, sesungguhnya tuhan yang maha mulya menolong seseorang dihadapanmu maka bebaskanlah dia dan jika tidak kamu bebaskan maka kamu akan binasa” .


kemudian kholifah terbangun dari tidurnya dalam keadaan takut . kemudian harun memanggil As-Sujan dan bertanya ; “siapakah orang yang ada di penjaramu ?” .



Kemudian As-Sujan menceritakan kisahnya pada raja Harun. Kemudian Harun berkata : “hadapkanklah dia padaku!”. Kemudian dia dihadapkan pada raja, kemudian raja memberikan manisan , dia memakannya hingga kenyang dia meminta untuk membawa burung-burung, memmerintahkan untuk membebaskannya dan  memberi 70 orang kendaraan, 70 budak laki-laki dan perempuan. Dia memerintahkan sambil berseru  “ barang siapa memberi maaf padda makhluk maka akan diberi 10000 dan akan selamat, dan barang siapa meminta pertolongan pada pencipta maka ini adalah balasannya dari Harun Ar Rasyid .

Tiada ulasan: