Catatan Popular

Isnin, 10 September 2012

KITAB MADARIJUS SALIKIN SIRI 7: AL FATIHAH MENCAKUP BANTAHAN TERHADAP SEMUA GOLONGAN.....

Al-Fatihah Mencakup Bantahan terhadap Semua Golongan Yang
Batil, Bid'ah dan Sesat

SIRI 7

IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH
  
Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara: Global dan terinci. Secara
global dapat diketahui bahwa ash-shirathul-mustaqim mencakup pengetahuan
tentang kebenaran, memprioritaskan kebenaran daripada yang lain,
mencintai, menyeru dan memerangi musuh-musuh kebenaran me-nurut
kesanggupan. Kebenaran di sini adalah apa yang dibawa Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam dan para shahabat, seperti ilmu dan amal
tentang sifat Allah, asma', perintah, larangan, janji, ancaman dan haki-kathakikat
iman, yang semuanya merupakan etape orang-orang yang berjalan
kepada Allah. Semua masalah ini diserahkan kepada beliau dan bukan
kepada pendapat dan pemikiran manusia. Jadi tidak dapat diragu-kan
bahwa ilmu dan amal yang ada pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam dan para shahabat adalah pengetahuan tentang kebenaran, yang
harus diprioritaskan daripada yang lain. Inilah yang disebut ash-shirathulmustaqim.
Dengan cara yang global ini dapat diketahui bahwa siapa pun
yang bertentangan dengan jalan ini adalah batil, atau merupa-kan satu
jalan dari dua jenis golongan: Golongan yang mendapat murka dan
golongan yang sesat.
Adapun dengan cara yang rinci, maka kita perlu mengetahui satu
persatu setiap madzhab yang batil. Namun yang pasti, setiap kalimat Al-
Fatihah mencakup penjelasan tentang kebatilannya.
Manusia secara umum dapat dibagi menjadi dua macam: Golongan
yang mengakui kebenaran dan golongan yang mengingkari kebenaran.
Sementara Al-Fatihah mencakup penetapan adanya Khaliq dan penolak-an
orang yang mengingkari keberadaan-Nya, yaitu dengan penetapan
Rububiyah-Nya atas semesta alam. Perhatikanlah semua benda alam, baik
alam atas maupun alam bawah, tentu engkau akan melihat bukti keberadaan
Sang Pencipta. Keberadaan Allah ini lebih nyata bagi akal dan
fitrah daripada keberadaan sungai yang mengalir. Siapa yang tidak mempunyai
pandangan seperti ini dalam akal dan fitrahnya, berarti harus
dipertanyakan, adakah sesuatu yang tidak beres pada akalnya?
Seiring dengan kebatilan orang-orang yang mengingkari keberadaan
Allah, batil pula pendapat orang-orang yang mengatakan tentang
wahdatul-wujud (kesatuan wujud), bahwa wujud alam ini juga merupa-kan
wujud Allah dan Allah merupakan hakikat wujud alam ini. Jadi menu-rut
mereka tidak ada lagi istilah Rabb dan hamba, penguasa dan yang
dikuasai, pengasih dan yang dikasihi, pemberi pertolongan dan yang meminta
pertolongan, pemberi petunjuk dan yang diberi petunjuk, pemberi
nikmat dan yang diberi nikmat, sebab Allah adalah hamba itu sendiri,
yang disembah adalah yang menyembah itu sendiri. Perbedaan wujud
hanya sekedar masalah relatifitas yang bergantung kepada fenomena dzat
dan penampakannya, sehingga terkadang bisa berwujud seorang hamba
biasa, terkadang berwujud Fir'aun, pemberi petunjuk, nabi, rasul, ulama
dan lain sebagainya. Sekalipun berbeda-beda, semua berasal dari satu inti,
bahkan Allah adalah inti itu sendiri.
Surat Al-Fatihah, semenjak pertama hingga akhirnya menjelaskan
kebatilan dan kesesatan golongan ini.
Orang-orang yang menetapkan adanya Khaliq ada dua macam:
1. Golongan yang mengesakan Khaliq atau ahli tauhid.
2. Golongan yang menyekutukan Khaliq atau ahli syirik.

Tiada ulasan: